Kepuasan Masyarakat Terhadap Layanan Publik di Kutai Barat Terus Meningkat

Bupati Yapan pada peringatan HUT ke-25 Kutai Barat di Alun-Alun Itho Sendawar, Selasa (5/11/2024). Foto: IKN News/Andrew.

IKN News, Kutai Barat – Kepuasan masyarakat terhadap layanan publik di kabupaten Kutai Barat (Kubar) terus meningkat. Hal ini dibuktikan melalui hasil survei tahun 2023-2024, dimana Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) mencapai 82,21 persen. Capaian ini masuk dalam kategori baik dan menjadi bukti nyata dari komitmen pemerintah untuk memberikan pelayanan yang cepat, efektif, dan berkualitas.

Bupati Kubar, FX. Yapan, mengatakan peningkatan IKM ini merupakan bagian dari misi ketiga Pemkab Kubar, yaitu membangun tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, dan akuntabel.

“IKM Kutai Barat mencapai 82,21, yang juga didukung opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK serta nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) sebesar 63,63 yang meningkat dari 62,07 pada tahun sebelumnya,” ujar Bupati Yapan pada peringatan HUT ke-25 Kutai Barat di Alun-Alun Itho Sendawar, Selasa (5/11/2024).

“Ini terukur melalui Indeks Kepuasan Masyarakat di angka 82,21 pada tahun 2023, serta opini BPK Wajar Tanpa Pengecualian dan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah atau SAKIP sebesar 63,63 dengan predikat Baik yang naik dari capaian tahun 2022 sebesar 62,07,” jelas Yapan dalam pidato peringatan hari ulang tahun Kutai Barat ke-25 di Alun-alun Itho Sendawar, Selasa (5/11/2024).

Beberapa aspek yang diukur dalam survei IKM mencakup kesesuaian persyaratan, prosedur pelayanan, kecepatan, serta biaya pelayanan. Aspek lainnya meliputi kompetensi dan sikap petugas, penanganan pengaduan, dan kualitas sarana prasarana. Faktor-faktor ini mencerminkan upaya pemerintah dalam menyediakan layanan yang memudahkan masyarakat.

Menurut Bupati Yapan, keberhasilan ini tak lepas dari perencanaan, koordinasi, pengawasan, dan kepemimpinan yang baik. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dan memudahkan layanan publik di Kutai Barat.
“Terima kasih kepada semua

yang telah berkontribusi aktif dan penuh loyalitas dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kutai Barat, terlebih di masa dua periode kepemimpinan saya bersama Haji Edyanto Arkan,” ungkap Yapan.

Peningkatan IKM ini menjadi tanda bahwa Kutai Barat terus bergerak maju, memastikan setiap warga mendapatkan layanan publik terbaik dan menciptakan daerah yang semakin nyaman, transparan, dan penuh kepercayaan.

(Adv-Diskominfo-KBR/Andrew

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar